Friday 19 March 2021

Kewirausahaan Digital



Jadi, setelah menonton video yang sudah ditugaskan, tentang “Digital Enterpreneurship”. Revolusi digital kini sudah bukan hal yang tabu lagi di dunia, khususnya di Indonesia. Berbagai cara dan peluang usaha bisa diciptakan asalkan ada kemauan; hanya bermodal gadget ratusan ribu bisa mendatangkan cuan di era revolusi digital 4.0 sekarang ini, yang segala sesuatunya serba instan terlebih di situasi pandemi serperti saat ini. Tetapi, kalau hanya bermodal kemauan saja tidak cukup, dibutuhkan juga keberanian guna memperkokoh diri dari berbagai macam masalah dan gangguan.

masalah mental dan keberanian, implementasi teknologi informasi juga sangat diperlukan, guna memprediksi hasil dari seberapa jauh kita sudah memanfaatkan media teknologi untuk menciptakan sebuah rancangan usaha yang mempunyai nilai teknologi informasi yang berguna tanpa harus menyingkirkan sumber daya manusia yang ada.

Rancangan-rancangan inovasi untuk menciptakan sebuah variasi baru dalam teknologi informasi juga sangat diperlukan terlebih dibidang logistics atau supply makanan. Seperti PT Indoguna Utama contohnya. Dengan mempunyai rancangan seperti Distribution Network, Distribustion Management, dan Transportation Management. Mereka memerhatikan betul secara detail teknologi yang digunakan untuk selalu menjaga konsistensi hasil dari distribusi. Mengingat, PT Indoguna adalah penyupplay atau pendistribusi makanan seperti bahan pangan daging.

Dengan mempunyai prinsip kerja yang berfokus pada kepuasan konsumen melalui keamanan yang ketat dan kualitas yang terjaga; guna mempertahankan daya saing yang kuat dengan distributor lainnya. Maka dari itu, diperlukan strategi bisnis di era revolusi digital 4.0 serperti ini, diantaranya, menghubungkan dunia offline dan online, menggunakan data-data yang besar dari berbagai aplikasi guna memprediksi dan mengambil keputusan jika ada satu rancangan atau inovasi baru yang akan dijalankan, menggunakan teknologi pengaman yang modern guna melindungi segala data dan informasi yang bersifat penting dari gangguan pihak lain, serta mendukung perusahaan untuk terjun ke dunia digital.

Banyak peluang usaha yang bisa kita ciptakan di era digital seperti sekarang ini. Terlebih, naiknya pengguna internet pada tahun ini, khususnya di Indonesia. Selain itu, beberapa faktor penunjang yang dapat mempermudah kita untuk membuka peluang usaha digital sudah cukup banyak memadai seperti, harga internet lebih murah, dan mudahnya mengakses segala informasi dan platform aplikasi untuk menciptakan inovasi-inovasi bisnis digital baru dalam dunia teknologi guna membangun masa depan untuk masa depan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Socrates (470 SM -399 SM) “cobalah dulu, baru cerita, pahami dulu, baru menjawab, pikirkan dulu, baru berkata, dengarlah dulu, baru beri penilaian, bekerjalah dulu, baru berharap” Jangan pernah takut untuk mencoba guna menciptakan inovasi baru. Gagal bukanlah sebuah aib lagi di era seperti sekarang ini. Pahami segala konsep peluang dan tantangannya guna mempersiapkan segala hal yang akan terjadi kedepannya, Pikirkan matang-matang segala prospek Bisnis anda, guna mengembangkan konsep-konsep yang sudah ada. Mau mendengar segala masukan dari orang lain, guna memperbaiki atau meningkatkan kualitas Bisnis yang Anda jalani. Berusahalah semaksimal mungkin.

Maka dari itu, mari membuka diri terhadap Revolusi Industri, jangan takut dimusuhi oleh teknologi, toh masih banyak inovasi-inovasi yang dapat kita temui melalui melek teknologi. Jangan hanya menjadi penikmat inovasi, jadilah pembuat Inovasi, dengan melampaui batas diri untuk masa depan yang lebih siap bersaing di dunia usaha maupun industri.

Dengan semangat revolusi digital, mari kita hadapi tantangan peluang bisnis di era ini dengan selalu menciptakan karya-karya teknologi dengan sumbangsih inovasi-inovasi yang kita berikan, ntah teknologi usaha dalam bidang pertanian, pertahanan, dan lain sebagainya tanpa harus menyingkirkan sumber daya manusia yang tersedia. Tetapi, lebih ke penunjang untuk dapat mempermudah kita dalam menciptakan sebuah usaha yang dimana dapat mempermudah kinerja kita sendiri.

Setelah menyaksikan video ke-2 yang telah ditugaskan tentang “Digital Enterpreneurship”. Dalam membangun sebuah usaha, kita harus mempunyai target finansial atau busur panah yang nominalnya harus bisa kita capai atau lebih baik lagi bisa kita lampaui target tersebut. Guna, usaha yang kita jalankan tidak mencapai pada titik terendah (Low Target) dari target yang telah kita tentukan. Berbicara soal target finansial, pasti kita dituntun untuk berpikir, bagaimana cara untuk mencapai atau melampaui target tersebut, bagaimana cara kita mencari dan mendapatkan marketplace atau pelanggan baru untuk memberikan kesan yang baik agar pelanggan tersebut loyal terhadap usaha yang kita bangun dan jalankan dengan beberapa aspek yang telah kita pikirkan secara matang. 

Seperti yang disampaikan di dalam video tadi, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mencapai target finansial, yaitu lewat pelanggan baru dan pelanggan lama yang loyal. Melalui pelanggan baru, kita bisa mendapatkan keuntungan finansial awal yang tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen-konsumen lain yang telah ditargetkan. Dengan cara, memberikan mereka bonus, benefit, atau embel-embel yang tentunya bukan hanya omong kosong belaka; seperti “buy 1 get 1” atau semacamnya. Dari pelanggan baru yang sudah terbentuk kepercayaannya tersebut, kita dapat memperoleh pelanggan lama yang loyal dan tentunya juga bisa mendatangkan pelanggan baru lainnya.

Selain itu, ada beberapa aspek lain yang harus diperhatikan untuk mencapai target finansial yang telah kita tentukan, di bawah pelanggan baru dan pelanggan lama yang loyal. Yaitu, Ada harga yang harus ditentukan nominalnya, jangan sampai terjadi ketimpangan nominal harga; berikan kelas harga tersendiri untuk setiap kalangan. Supaya, produk yang kita hasilkan bisa dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan. Selanjutnya, Fungsi relevan dari produk yang kita hasilkan dan jual, pelayanan yang cepat dan tanggap, menjadikan pelanggan sebagai mitra, dan citra yang harus diperhatikan untuk strategi membangun produk atau brand kita sendiri. Di samping itu, ada beberapa mekanisme yang perlu diperhatikan juga, guna membuat pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Yaitu, kualitas barang yang harus diperhatikan, supplay barang yang akan dijual harus jelas asal-usulya, dan riset yang mendalam untuk metode pendistribusian produk.

Inovasi, juga sangat dibutuhkan dalam menjaga target finansial agar tidak melesat dari busur panah yang telah ditentukan tadi. Tentang, cara bagaimana mengubah tantangan menjadi sebuah peluang. Misalnya, seperti menciptakan produk-produk baru dari sisa bahan produksi yang telah jadi dan layak dijual kembali untuk menciptakan peluang baru. Teruslah melakukan segala percobaan, eksperimen, atau merilis produk dengan regulasi sosial seperti keselamatan dan kesehatan lingkungan sekitar, dengan membuat skala prioritas dari beberapa prosedur tersebut.

Hal terpenting dalam mencapai sebuah target finansial adalah; bagaimana strategi kita untuk menempatkan produk yang telah kita hasilkan di marketplace yang tepat. Percuma saja, produk sebagus apapun itu kalau strategi marketing dan marketplacenya tidak tepat sasaran atau salah, produk yang kita hasilkan tidak akan dikenal oleh khalayak dan tidak banyak orang yang mengetahui kalau kita menghasilkan sebuah produk. Hanya menjadi produk yang habis dimakan waktu expired dan jika itu barang, itu hanya menjadi sebuah pajangan.

Jadi, banyak hal yang harus diperhatikan. Guna, menjaga kestabilan finansial yang sudah ditentukan agar tetap konsisten dalam busur panah yang sudah ditargetkan. Seperti, kompentensi keahlian harus ditingkatkan lagi, komunikasi, brand, laporan finansial yang bersifat basis data, strategi marketing, networking, otomatisasinya, design, analisis mendalam, teknik, serta pembelajaran berbasis online guna meningkatkan kinerja dalam mengenalkan produk kepada khalayak. Pelajari segala hal, dengan mencarinya diberbagai media sosial, bisa dengan google atau semacamnya. Karena, di zaman yang sudah serba digital ini, banyak marketplace startup yang sudah memberikan andil besar dalam dunia usaha digital saat ini seperti Tokopedia, Bukalapak, dan semacamnya.

0 komentar:

Post a Comment